Islam Dan Akal Sehat #19a: Runtuhnya MITOS Keutuhan Aquran




Transkrip:

Tidak peduli sekonyol dan sesesat apapun  ayat-ayat alquran, kenyataannya...banyak muslim yang begitu fanatik untuk tetap percaya kepadanya.

Misalnya tentang surga yang penuh dengan kenikmatan seksual (Q52:20, Q44:54, Q55:56)...ini adalah ajaran yang jelas-jelas sudah dinyatakan sesat oleh Yesus 6 abad sebelumnya... Kemudian tentang orang Yahudi yang dikutuk menjadi kera (Q2:65)...Ini lebih mirip dongeng sebelum tidur yang tidak pernah ada dalam realita... Lalu ajaran yang membolehkan laki-laki untuk mengawini anak di bawah umur (Q65:4).. Menyetubuhi budak atau pembantu tanpa ikatan perkawinan yang sah (Q4:24)... Ini jelas ajaran biadab yang melecehkan nilai-nilai moral.... Dan masih banyak ajaran-ajaran lainnya...

Ajaib tapi nyata...ajaran-ajaran semacam itu bisa dipercaya begitu saja, seolah-olah akal sehat 1,5 milyar muslim sudah tidak berfungsi lagi....

Bagaimana ini bisa terjadi?

Salah satu penyebabnya adalah begitu kuatnya keyakinan muslim bahwa alquran adalah satu-satunya kitab suci yang terjaga dari segala perubahan sesuai dengan janji allah swt dalam alquran (Q15:9. Q6:115).

Keyakinan ini diperkuat dengan mitos yang dipercaya banyak muslim bahwa saat ini hanya ada satu versi alquran di seluruh dunia! Lalu mereka membandingkan ini dengan fakta ada banyaknya versi Alkitab yang beredar di seluruh dunia!

Atas dasar mitos tersebut umat muslim percaya penuh bahwa ajaran-ajaran alquran, sekalipun sesat dan konyol, memang berasal dari Tuhan dan mutlak harus dipercaya kalau tidak mau masuk neraka!

Bagi muslim, otentisitas alquran adalah bukti nyata bahwa islam adalah satu-satunya agama yang benar!

Tapi benarkah alquran terjaga keasliannya sejak jaman muhamad hingga hari ini?

Dan benarkah Alkitab tidak lagi asli serta sudah mengalami banyak perubahan?

Ikuti video ini sampai selesai... Apa yang  saya jelaskan dalam video ini akan membalikkan kedua mitos tersebut.... Karena materinya cukup panjang, saya akan membaginya menjadi dua video!

Kita akan mulai dengan membahas alquran... 

Berbeda dengan mitosnya... sebenarnya perbedaan versi alquran ini bahkan sudah ada sejak jaman Muhamad.. Yaitu ketika terjadi pertengkaran antara Umar bin Khotob dan Hisyam bin Hakim soal bacaan ayat alquran yang berbeda. Menanggapi masalah ini muhamad mengatakan bahwa alquran memang diturunkan dalam 7 versi!

Jadi sejak awal ternyata sudah ada perbedaan versi alquran!

Akibatnya setelah muhamad mati terdapat banyak versi alquran yang beredar di kalangan umat. Berbagai versi yang berbeda ini tentu sangat membingungkan dan berpotensi merusak keutuhan alquran. 

Kalifah Ustman kemudian berupaya menyeragamkan alquran dalam satu kitab yang kemudian dikenal sebagai mushaf Utsman. Untuk mencegah kebingungan dan kekacauan di kemudian hari, Kalifah Utsman juga memerintahkan untuk membakar semua versi-versi yang berbeda dari versi resmi!

Ini adalah upaya penyeragaman alquran yang pertama dalam sejarah! Penyeragaman ini sendiri adalah bukti konkrit adanya perbedaan yang dianggap membahayakan keutuhan atau keaslian alquran pada masa itu.. Jika tidak ada masalah dengan berbagai perbedaan versi tersebut, tentu penyeragaman yang brutal itu tidak perlu dilakukan!

Tapi baimanapun upaya penyeragaman ini tidak sepenuhnya berhasil... dalam kenyataannya tetap ada versi-versi alquran yang berbeda dan beredar luas di kalangan umat islam selama berabad-abad...

Maka pada tahun 1924 atas biaya dari Kerajaan Arab Saudi dan pengawasan ulama-ulama dari Universitas Al Azhar Kairo disusunlah sebuah versi alquran yang konon sepenuhnya berdasarkan hafalan. Versi ini kemudian dicetak secara besar-besaran dengan tujuan untuk menjadi satu-satunya versi alquran yang tersedia di kalangan umat islam...

Inilah alquran yang sekarang beredar secara luas dimana-mana dan dipercaya sebagai alquran yang asli sejak jaman muhamad! 

Jadi...dalam kenyataannya alquran yang sekarang beredar BUKANLAH alquran asli sejak jaman muhamad atau merujuk pada mushaf Utsman.... tapi hasil penyeragaman besar-besaran pada tahun 1924 di Kairo yang menurut pengakuan ulama-ulama didasarkan pada hafalan! Dengan demikian umur alquran yang ada sekarang sebenarnya belum genap satu abad!

Apakah upaya penyeragaman ini berhasil? Sayangnya tidak juga...!

Berikut ini saya akan  memperlihatkan fakta adanya beberapa versi alquran yang berbeda-beda dan pengakuan dari intelektual muslim sendiri akan adanya perbedaan tersebut...

[ ...video footage
Lihat menit ke 5:51 dimana Dr. Jay Smith menunjukkan 26 versi Aquran yang beredar dan dikonfirmasi juga oleh intelektual muslim, Dr. Shahzed Saleem
]

Akhirnya fakta berbicara.... sama halnya seperti Alkitab, alquran ternyata juga memiliki banyak versi! Ini meruntuhkan mitos bahwa keutuhan teks alquran terjaga dengan sempurna sejak pertama kali diturunkan!

Terbukti berdasarkan fakta bahwa ayat alquran yang mengatakan allah swt menjaga keutuhan alquran (Q15:9, Q6:115) telah GAGAL total...

Yang berupaya keras menjaga keutuhan teks-teks alquran bukan allah swt tapi manusia, pertama pada masa Kalifah Ustman dan kedua pada tahun 1924... dan dua-duanya gagal pula!

Tidak ada jaminan apapun bahwa teks-teks alquran yang ada sekarang adalah sama persis seperti alquran yang telah diturunkan kepada muhamad 14 abad yang lalu!

Ini diperparah dengan kenyataan tidak adanya bukti mushaf Utsman yang bisa ditemukan sebagai rujukan untuk menentukan mana versi yang asli... 

Beberapa manuskrip alquran kuno yang ditemukan di Samarkand (Uzbekistan), Topkapi (Turki), San'a (Yaman) dan lain-lain yang oleh sebagian muslim diklaim sebagai salinan dari mushaf Ustman ternyata memiliki perbedaan cukup signifikan dengan alquran yang ada sekarang. Bahkan akademisi muslim Turki seperti Prof.Dr. Ekmeleddin Ihsanoglu & Dr. Tayyar Altikulac mengatakan manuskrip-manuskrip tersebut  paling tua berasal dari awal abad ke 8!

Jadi bukti otentik yang meyakinkan akan keberadaan mushaf Utsman sampai hari ini belum ditemukan. Akibatnya tidak ada kepastian mana sesungguhnya alquran yang asli dari berbagai versi yang ada. 

Ingat, merujuk pada pengakuan ulama-ulama Islam Universitas Al Azhar pada tahun 1924, Alquran versi terbaru disusun berdasarkan hafalan! Jadi dasarnya hanya ASUMSI bahwa hafalan alquran yang digunakan sebagai rujukan pada tahun 1924 SAMA persis dengan teks alquran yang diturunkan kepada muhamad dan tersusun dalam mushaf Utsman 14 abad sebelumnya!

Kenyataannya ada banyak versi alquran maka konsekuensinya juga ada banyak versi hafalan... Mana dari sekian versi hafalan itu yang merupakan hafalan dari teks asli..tidak ada yang tahu!

Jadi sekali lagi jaminan keaslian alquran yang beredar sekarang cuma berdasarkan ASUMSI bahwa versi hafalan alquran yang digunakan sebagai rujukan adalah versi hafalan asli.

Itulah fakta pahit tentang otentisitas teks alquran!

Selain itu ada masalah besar lain yang sangat mendasar dan tidak banyak disadari tapi tidak bisa disangkal oleh siapapun....

Ini dia....

Sekalipun alquran yang sekarang beredar kita asumsikan sama persis dengan alquran yang dihafalkan 14 abad yang lalu..sama sekali tidak ada jaminan alquran hasil hafalan tersebut memiliki MAKNA yang sama dengan aslinya!

Kali ini saya tidak bicara soal otentisitas TEKS tapi MAKNA, ini lebih mendasar!

Mengapa? 

Karena bahasa Arab, sama seperti semua bahasa dunia, mengalami perkembangan dari masa ke masa. Akibatnya teks yang sama dapat mengalami perubahan makna setelah melalui perjalanan waktu 14 abad lamanya! Ini kenyataan yang tidak bisa dielakkan sama sekali...

Saya memang bukan ahli bahasa.. tapi saya 100% yakin semua ahli bahasa akan setuju dengan pernyataan tersebut!

Itu sebabnya sekarang kita tidak membaca karya Shakespeare dalam bentuk bahasa inggris seperti yang digunakan Shakespeare beberapa abad lalu, tapi dalam bentuk yang sudah ditulis ulang dengan bahasa inggris modern agar dapat dimengerti jalan ceritanya sesuai seperti yang dimaksudkan oleh Shakespeare!

Perhatikan ini...

Jika karya Shakespeare yang ditulis hanya kurang dari lima abad lalu sudah mengalami perubahan makna akibat perkembangan bahasa.. bisa dibayangkan perubahan makna teks alquran hasil hafalan akibat perkembangan bahasa selama 14 abad! Pasti cukup signifikan!

Dengan fakta sederhana ini kita bisa pastikan bahwa alquran yang ada sekarang TIDAK SAMA maknanya dengan alquran yang diturunkan 14 abad yang lalu... meski kita asumsikan teksnya sama! 

Bagaimanapun teks-teks alquran tersebut sudah kehilangan makna aslinya sehingga perlu proses penerjemahan dan penafsiran kembali untuk mendapatkan makna sesungguhnya... 

Celakanya... ini menjadikan makna alquran berbeda-beda dan subyektif...! Tidak ada jaminan sama sekali hasil penafsiran tersebut memiliki makna yang sama seperti yang dimaksud oleh allah swt dan muhamad!

Bisa dikatakan makna dari alquran telah terbukti RUSAK akibat perkembangan bahasa selama 14 abad!Jadi upaya keras ulama-ulama islam untuk menjaga keutuhan teks alquran adalah sebuah BLUNDER terbesar dari islam....!

Benar-benar kacau!

Jadi setidaknya ada dua problem besar bagi klaim keaslian dan keutuhan alquran...

Yang pertama, klaim keaslian teks alquran tidak dapat dipertahankan karena dalam kenyatannya ada banyak versi alquran dan tak ada jejak mushaf Ustman yang tersisa sebagai pembanding!

Yang kedua, sekalipun teks alquran terbukti sama dengan mushaf Utsman, perubahan makna teks alquran yang terjadi akibat dari perkembangan bahasa... tidak terhindarkan! Konsekuensinya makna asli dari alquran 14 abad yang lalu sebenarnya sudah tidak ada lagi dalam alquran yang sekarang beredar!

Ini sebuah persoalan yang tak mungkin terpecahkan oleh muslim...

Kesimpulannya.... 

MITOS KEUTUHAN DAN KEASLIAN ALQURAN BENAR-BENAR SUDAH RUNTUH BERKEPING-KEPING!

Dengan demikian hal ini juga berarti...hilanglah satu-satunya mujizat islam! Jika islam tidak memiliki mujizat apapun... bagaimana muslim bisa mengatakan islam berasal dari Tuhan????

Saudara-saudaraku umat muslim... 

Jika kalian masih ingin tetap menjadi muslim, bantahlah video ini semampu kalian karena apa yang diungkapkan video ini telah menghancurkan satu-satunya pegangan kalian untuk tetap percaya pada kebenaran alquran, yaitu keaslian dan keutuhan alquran!

Kerahkan seluruh kemampuan kalian...berdiskusilah dengan ulama-ulama dan ustad-ustad kalian untuk membantah video ini!

Jika kalian tidak dapat membantahnya maka kini saatnya kalian hidup dalam realita dan meninggalkan mitos serta propaganda palsu...

Sudah jelas berdasarkan bukti nyata dan penalaran akal sehat, alquran tidak terjaga dari perubahan... allah swt ternyata tidak sanggup menjaga alquran seperti janjinya sendiri... Alquran bukanlah mujizat.. sebaliknya alquran hanyalah kitab penuh kebohongan dengan berbagai ajaran bodoh dan kejam yang dibungkus dalam mitos dan propaganda palsu!

Maka mulai sekarang kalian tidak perlu takut lagi untuk memeriksa, mengkritik, dan mempertanyakan kebenaran teks-teks alquran... Kalian tidak akan masuk neraka kalau mempertanyakan dan mengkritik alquran karena itu bukanlah kitab suci yang berasal dari Tuhan... Kini saatnya kalian mulai menggunakan akal sehat dalam beragama...

Semoga ini menjadi langkah pertama kalian untuk mendapatkan kebenaran yang sesungguhnya...

Pada bagian kedua saya akan mengungkapkan bagaimana Alkitab sesungguhnya adalah satu-satunya kitab suci yang kebenaran isinya utuh dan tidak berubah satu iotapun...


Posting Komentar

1 Komentar

Domba Allah mengatakan…
Mantap bro biar seluruh umat manusia di bumi ini bertobat kepada Allah yang benar